Selasa, 26 Juli 2011

Jagung Manis Untuk Diet

Jagung (Zea mays L.) merupakan salah satu tanaman pangan dunia yang terpenting, selain gandum dan padi. Sebagai sumber karbohidrat utama di Amerika Tengah dan Selatan, jagung juga menjadi alternatif sumber pangan di Amerika Serikat. Penduduk beberapa daerah di Indonesia (misalnya di Madura dan Nusa Tenggara) juga menggunakan jagung sebagai pangan pokok. Selain sebagai sumber karbohidrat, jagung juga ditanam sebagai pakan ternak (hijauan maupun tongkolnya), diambil minyaknya (dari bulir), dibuat tepung (dari bulir, dikenal dengan istilah tepung jagung atau maizena), dan bahan baku industri (dari tepung bulir dan tepung tongkolnya). Tongkol jagung kaya akan pentosa, yang dipakai sebagai bahan baku pembuatan furfural. Jagung yang telah direkayasa genetika juga sekarang ditanam sebagai penghasil bahan farmasi.

Jagung. Bahan Makanan pengganti nasi? Karena ada dengan istilah nasi jagung? Ya, betul, sebab di Indonesia, rata-rata makanan utama penduduknya adalah nasi.

Jagung termasuk dalam daftar bahan makanan pokok di dunia. Di belahan bumi lainnya, seperti Amerika, jagung disebut sebagai alternatif sumber pangan. Namun, tak selalu menjadi sebuah alternatif, bahkan menurut Wikipedia, di daerah Madura dan Nusa Tenggara, di Indonesia sendiri, jagung dijadikan sebagai makanan pokok.

Jadi ada apa dengan jagung? Ada banyak manfaat di dalamnya. Petani menanamnya tidak hanya sebagai pengganti makanan utama, namun juga diolah menjadi tepung, minyak, juga makanan ternak.

Menurut Wikipedia, bahkan, jagung yang mengalami rekayasa genetika sengaja ditanam untuk menghasilkan bahan farmasi. Benar-benar unik!

Sebagai makanan yang kaya akan karbohidrat, jagung dikenal sebagai makanan yang rendah kalori. Cocok dikonsumsi oleh Anda yang sedang menjalani diet. Namun, selain diolah menjadi makanan yang berat, Anda bisa menikmatinya dalam bentuknya yang lezat; sup.

Sup jagung mampu menghadirkan rasa gurih yang dapat memanjakan lidah kita. Rasa manisnya yang bertemu dengan bawang putih dan merica, apalagi jika dimasak dengan kaldu ayam, akan membuat sajian sup Anda dinikmati dengan suka cita oleh siapa saja yang memakannya.

Anda bisa memakannya kapan saja di luar jam makan. Cocok juga sebagai makanan pilihan yang mengenyangkan saat Anda menghindari makanan berat.

Sup jagung juga mampu menjadi alternatif masakan untuk menghangatkan tubuh Anda di saat udara sedang dingin atau saat Anda merasa tidak enak badan, terutama saat flu. Kandungan lada pada sup yang menciptakan efek pedas akan mengeluarkan sensasi hangat pada badan jika disajikan dalam keadaan hangat.

Selain pada orang dewasa, sup jagung juga dapat disajikan dalam porsi takar anak-anak, bahkan pada bayi. Anda tak harus selalu memberikan makanan yang mengandung jagung dalam kemasan instan pada bayi Anda sebab Anda bisa membuatnya sendiri.

Anda bisa menghaluskan biji-biji jagung dan membuatnya menjadi sup yang lembut. Namun jangan lupa, kurangi bumbu-bumbu yang tajam karena bayi tak menyukainya.

Sup jagung:

Ambil jagung manis sebab rasa gurih pada sup yang dihasilkan akan lebih jos. Apabila nda baru diet lemak dan protein, pilih jagung muda sebagai bahan sup, sebab jagung tua mengandung lemak dan protein yang lebih tinggi.Anda bisa merekayasa rasa sup jagung yang gurih dengan penggunaan kaldu yang berbeda, 'koyoto' misalnya kaldu ayam, kaldu udang, atau kaldu dari rebusan kepiting.Jika Anda mengalami flu, tambahan lada dalam sup jagung yang hangat akan semakin membuat tubuh Anda terasa uenak.

Powered by Crystal X dan Natural Nusantara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar